2/08/2011

Jalan-jalan Setelah Imlek

Kemaren kang supri sempet jalan-jalan di kawasan pecinan tempat berlangsungnya pesta menyambut tahun baru Imlek 2011. yah mo gimana lagi, kalo malem pasti ujan, jadi datengnya agak siangan deh.
ChinatownKawasan yang terletak di sekitar Gang Lombok, Gang Pinggir, Gang Warung, Gang Baru, dan Gang Gambiran ini merupakan lokasi pertokoan tradisional yang padat di siang hari. Tetapi, kalau malam, daerah ini berubah wajah menjadi kawasan yang eksotis dan oriental banget. Apalagi pas masih dalam suasana Imlek kayak gini. Ratusan lampion serba merah yang menghiasi di sepanjang jalan, bikin kawasan yang sebenarnya rada kumuh ini nampak gak kalah ama kawasan-kawasan Chinatown di luar negeri sana.

Replika Kapal Laksamana Cheng HoKalau kita melintasi jalan-jalan di kawasan tersebut, kita bakalan menemukan gak kurang dari belasan klenteng yang masing-masing punya nilai historis tersendiri. Kota Semarang dikenal sebagai tempat pendaratan Laksamana Cheng Ho pada abad ke 15. Semua pasti dah pada tau, siapa Laksamana Cheng Ho ini. Coba sempatin mampir di Gang Lombok, di depan klenteng Tay Kak Sie kita bakal menemukan replika kapal beliau yang diparkir di pinggiran sungai.

SemawisSetiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu, di sepanjang jalan Gang Pinggir akan digelar pusat jajanan "Semawis" yang dimulai sore hingga tengah malam. Ramai banget, semua makanan khas Semarang bisa kita cicipi di acara ini.

Di kota-kota besar seperti San Fransisco, New York dan Sidney, kawasan chinatown merupakan salah satu lokasi yang selalu dijadikan tujuan wisata bagi para turis. Saya pikir, kalau pemerintah kota Semarang jeli melihat peluang ini, gak mustahil kawasan pecinan Semarang juga bakalan gak kalah.

Sayang, pusat makanan "Kya Kya" yang dulunya digelar di kawasan ini, kurang dikelola dengan serius

4 komentar:

Anonim mengatakan...

sayang kemaren gak sempet kesana, padahal pengen banget tuh liat barongsai.

Bambang soyosae mengatakan...

Wuehehe kang supri skr hobi jalan-jalan, poto-poto, nulis-nulis, lanjutkan.. Dadi pengen kmbali ke semarang.

Anonim mengatakan...

mantap dah

tiket pesawat mengatakan...

wah seru dan enak ki,
cz bisane sblm imlek mesti hujan,.
kl stlah imlek berati gk ujan dan cuaca cerahh

Mengenai Saya