12/10/2009

20+1 Yang Unik Dari Semarang

Apa uniknya sie Kota Semarang? lanjutin bacanya, Kang Supri jamin para sedulur akan mempunyai pandangan 'segar' tentang ibu kotanya Jawa Tengah tercinta ini. Seorang teman Kang Supri dari Jakarta sering bercerita tentang kampung halamannya Betawi, yang membuatnya cepet-cepet ingin pulang jika berpergian jauh, ia tak dapat berlama-lama meninggalkan kampungnya tersebut, katanya tempat dimana ia dibesarkan tersebut menyimpan banyak sekali kisah, bahkan ia juga kangen dengan hal-hal kecil, udara pagi misalnya. Kang Supri kira juga demikian, rasanya Semarang ini juga menyimpan keunikan tersendiri yang tetap mengingatkanku akan kota ini dimanapun Kang Sup berada.

01 Bandeng Presto JuwanaBandeng juwana
Wah tempat ini memang wajib didatengi kalo para sedulur ke Semarang, rasanya belum ke Semarang namanya kalau belum ketempat ini, aksesnya pun cukup mudah, karena berada di jalan utama Pandanaran.

02 Kota Lama & Polder Tawang
Suasana klasik akan terasa apabila para sedulur ke kota lama, bangunan peninggalan pemerintahan hindia belanda ini memang meninggalkan banyak kisah dan keunikan tersendiri, salah satu bangunan yang masih diganakan sampai sekarang adalah gereja blenduk, nah kalau udah cape melihat-lihat kota lama ini, kita bisa nyantai sambil duduk-duduk disekitar polder tawang, indah banget.

03 Wayang Kulit di TBRS
Kangen dengan budaya jawa? jangan takut karena setiap jum'at kliwon malam di Taman Budaya Raden Saleh ada pementasan wayang kulit semalam suntuk, dalangnya pun tidak hanya satu,jadi dijamin tidak akan bosan.

04 Istana Wedang
Wedang ronde atau bubur kacang hijau bisa menjadi minuman yang sangat kang supri kangeni waktu jauh dari Semarang, Istana wedang merupakan klangenan orang dari luar kota semarang, lihat aja kalau malam tiba, dipastikan akan banyak mobil dari luar kota yang bejejer didepan istana wedang Jl. Pemuda ini. kalau para sedulur pecinta kopi, bca tentang kopi nusantara yang pernah kang supri ulas.

05 Tugu Muda
Entah mulai kapan areal Tugu Muda sekarang menjadi sangat ramai oleh anak-anak muda. banyak orang memanfaatkan tugu bersejarah ini menjadi lahan publik. Kalau para sedulur termasuk orang yang narsis, gak ada salahnya mencoba area ini untuk berfoto ria.

06 Nasi Pecel Yu Sri
Pengen makan murah tapi enak, datanglah ke warung nasi pecel Yu Sri yang ada di areal simpang lima, tepatnya di depan Ramayana. dengan uang 5000 perak saja kita akan menikmati pecel yang uenak sekali. Kang Supri juga pernah menulis tentang makanan yang unik di semarang ini.semarang

07 Lawang Sewu
Udah bosan dengan film horor, neh kalo para sedulur pengen uji nyali, Lawang Sewu menjadi tempat favorit bagi mereka yang ingin merasakan petualangan mendebarkan, datanglah beramai-ramai, dan siap-siaplah merasakan degub jantungmu sendiri atau bahkan degub jantung temanmu. Resiko ditanggung sendiri lho ya.

08 Museum Ronggo Warsito
Berbeda dari museum lainnya yang ada di Kota Semarang, aroma mistis juga menyelimuti museum ini, liat aja uang kertas peninggalan kolonial belanda yang selalu bergeser pada malam hari dengan sendirinya, uhh serem kan.

09 Awul-awul di Simpang Lima
Percaya gak kallo dengan uang 20.000 saja kita bisa mendapatkan baju dua kresek besar?? datanglah ke Simpang lima pada malam minggu atau minggu pagi. Pasar kaget yang ada disekitar lapangan Simpang Lima ini sangat ramai sekali, apalagi ditambah pementasan aneka hiburan, klop deh pokoknya.

10 Semarang Dari Ketinggiankuliner semarang
Tak lengkap rasanya apabila kita tidak melihat malamnya Semarang dari kota atas, Gombel menjadi tempat yang cocok untuk melihat kerlip lampu kota bawah, disana juga disediakan aneka makanan, jadi gak usah khawatir bakal kelaparan.

11 Pasar Semawis
Pasar ini berada di kampung pecinan Semarang, jika malam tiba maka berbagai hiburan khas negeri tiongkok akan segera digelar, dan bau dupa menjadi ciri khas kampung pecinan ini. Jika ingin menikmati suasana dan aneka makanan khas pecinan, datanglah ke Kampung Semawis.semarang banjir kuliner
12 Masjid Agung Semarang
Masjid ini walaupun sebagai tempat ibadah, namun keelokan arsiteknya membuat tempat ini cocok sekali buat melepas lelah, nikmati juga pemandangan Kota Semarang dari atas menara, cukup membayar Rp.3000 maka kita sudah bisa mencapai puncak menara ini.

13 Kelenteng Gedong Batu Sam PO Kongpasar randusari
Kelenteng ini cukup bersejarah karena ada sangkut pautnya dengan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Cheng Ho. yaitu seorang Laksamana Tiongkok beragama islam. Disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu.

14 Pantai Marina
Pantai yang dilengkapi dengan kolam renang, sky air, speed boat, dan arena bermain anak–anak. Dibuka setiap hari pukul 06.00 selama 24 jam. Di pantai Marina kita dapat bermain jet sky maupun berselancar, naik stom boat dan perahu atau hanya sekedar santai beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan deburan ombak

15 Berburu BB di Jalan Barito
BB disini maksudnya ialah Barang Bekas, di pasar ini berbagai macam onderdil kendaraan tersedia, walaupun dulunya terkenal dengan barang loakan, namun sekarang pasar barito telah berkembang, jadi yang dijual gak mesti bekas kok .

16 Pasar Bunga Randusariklenteng semarang
Tiba-tiba ingin memberi bunga pada seseorang? jangan khawatir p
asar randusari selalu menyediakan bunga yang fresh, mau sepotong atau di buat menjadi karangan bunga? bisa. Jangan khawatir buka 24 jam kok. Atau para sedulur juga bisa membeli bibitnya dan menanamnya dirumah.

17 Kucingan Ala Pak Gik
Kelaparan waktu pagi hari? kucingan Pak Gik yang ada dijalanGajah Mada b
isa menjadi pilihan,selain murah, para sedulur juga bisa menikmati aneka gorengan yang masih anget kebul-kebul, entah mengapa nasi kucingan yang mulai buka jam 00.oo malam ini selalu ramai hingga pagi menjelang.

18 Buku Bekas Berkualitas
Pengen dapetin buku murah? datanglah ke stadion utara yang ada di jalan mataram, disamping stadion itu terdap
at para pedagang buku bekas yang siap melayani , silahkan ubek-ubek aja bukunya karena harganya dijamin miring.
semarang
19 Kebun Binatang Tinjomoyo
Setelah mengalami pembenahan, kebun binatang yang terletak dimangkang ini sekarang semakin ramai, dan tampak terawat Cukup dengan tiket masuk Rp 1500,- pada hari biasa dan Rp 3000,- di hari libur, para sedulur sekeluarga dapat menikmati keanekaragaman jenis satwa sebagai wujud kekayaan sang pencipta. Kita juga bisa berfoto bersama Ular dan Burung. Atau menikmati sensasi naik Gajah cukup dengan membayar Rp 5000.

20 Dari Mall Ke Pasar
Tiap hari ke Mall?? mengapa tidak mencoba sesuatu yang beda? datanglah atau berbelanjalah di pasar tradisional, Semarang memiliki pasar tradisional yang cukup terkenal yaitu Pasar Johar, sekaligus melatih keahlian tawar menawar kita, pasti seru, soal belanja itu terserah kantong kita. hehehe..

+1 Semarang Kota Super Panas
"Puanasee.." banyak orang bilang demikian ketika pertama kali menginjakkan kakinya di kota ini. Wuh kalau jalan waktu siang hari, bisa-bisa kebakar deh kulitnya, terus gitu kalau musim penghujan tiba banjir menjadi agenda tahunan yang selalu datang, belum lagi ditambah rob yang tak pernah hilang. Sekelumit hal tersebut semakin menambah keunikan Kota Semarang, walau bagaimanapun, Kota semarang tetap I love You full...gambang semarang


28 komentar:

xitalho mengatakan...

Wuih.. dadi kangen pulang ke kampung Halaman aku.....
Makasih informasinya dan makasih sudah mampir ke blog saya....

Lam kenal kang...

Kang supri mengatakan...

@xitalho: lam kenal kenal balik, makasih kunjungannya, salam sukses selalu.

SanG BaYAnG mengatakan...

sejak lebaran lum balik ke ambarawa lagi dan setelah ngebaca ene jadi pengen pulang lagi hikz..hikz..

Makaseh atas infonya mas..
Salam..

Suprih Rustanto mengatakan...

@sangbayang:emang kampung halaman pasti bikin kangen ya mas... Home sick gitu deh.

diadan mengatakan...

kapan ya....saya kesemarang?
makasih kunjungannya mas
salam blogger

Kang Nur mengatakan...

wah.. ini bagus.. :-D
bagus juga dg mengangkat kekayaan2 lokal yg seringkali sebangsa-setanah-air sendiri belum pada tahu..
semoga sukses berkembang terus !!

Unknown mengatakan...

Ho..ho..ho...
... dulu ... pernah "mampir" Semarang untuk magang di Phapros dan memutuskan untuk tidak tinggal di Semarang. Panase ndak nguati ... dan Yogya pun semakin panas juga.

Salam kenal juga, makasih atas kunjungannya. Sukses selalu.

Suprih Rustanto mengatakan...

@diadan: Sekarang aja, mumpung lagi ada mall yang cuci gudang, mau tutup taon depan katannya. hehe
@Kang nur:Terimakasih atas kunjungannya dan dukungannya kang, semoga bermanfaat.
@Enade : Makasih udah mau 'mampir' mas,wah iya orang-orang ke semarang jangan-jangan cuma lewat, karena gak pernah menikmati hal-hal yang saya tulis seperti diatas.

Aprina mengatakan...

kangen sekali dg semarang, pingin nostalgia ke t4 itu. paling suka kulinernya dan menara masjid agung. semarang in the nigh

Suprih Rustanto mengatakan...

@Aprina: hohoo.. ayo mbak Ke SEmarang, sekarang kang supri juga nulis tentang kuliner di pasar semawis yang sangat menggiurkan.

Tongkonan mengatakan...

Kalau gak salah semarang juga terkenal kota banjir ya? Benar gak sih?

LDIISampit mengatakan...

Orang bilang Semarang '3D' Dimensi Laut, Dimensi Daratan, dan Dimensi Pengunungan ....
cobain deh liat dari Gombel, muah Semarang pancen oye ..!!

Anonim mengatakan...

wah jadi pingin main ke Semarang nih mas ... kapan2 deh kalau ada uang saya main ke semarang mas yah...salam..oh ia mas sudah saya tau menajdi sahabat blog saya.

accang89 mengatakan...

Thanks sudah mampir. Sy datang membalas kunjungan. Besok rencananya mau ke Semarang baru ke Borobudur, tapi rencana ditunda karena besok di kraton ada acara menyambut 1 suro. Sayang kalo dilewatin..

Didi - dukonbesar.com mengatakan...

Salam kenal juga mas, manis blognya Didi suka tampilannya. btw baca artikel ini, jd pengen maen lagi ke semarang ... ^_^

Rajes Mulyawan mengatakan...

Saya belum pernahke semarang.. melihat tulisan ini, jd pengen jalan2 ke semarang.. Semarang kotanya unik bgt sepertinya..:)

Suprih Rustanto mengatakan...

@Tongkonan: sebenernya si gak juga sie mas, lha wong semarang juga punya bukit kok, namanya bukit gombel, lagunya waljinah tu yang bikin semarang terkenal jadi kota banjir :(
@LDIISampit: Bener banget mas, pokoknya asik deh :)
@bayuputrabio: Ayo mas kesemarang, nanti gantian saya yang maen ketemapte mas.. gimana?
@accang89: Wah asik juga mas, saya juga kemaren liat grebeg suro di kebumen tapi.
@Didi - dukonbesar.com: hehe bukan masksut hati promosi lho ini saya
@Rajes Mulyawan: hehe tambah calon visitor baru, ayo barengan aja mas ama mas didi, ntar kita muter-muter bareng :)

Akmal Dstx mengatakan...

Kang Supri, menurut saya Pantai Maron layak dipromosikan juga lho, karena tidak kalah dengan pantai marina.
Coba klik link berikut untuk postingan tentang pantai Maron:
http://acmal.blogdetik.com/pantai-maron-merona-mempesona/

Suprih Rustanto mengatakan...

@Akmal Dstx: wah boleh juga tuh kang, tapi berhubung saya belum pernah kesana, saya belum bisa cerita :)

edda mengatakan...

bener2 batural n indonesia banget

Web Hidup Mulia mengatakan...

Matur nuwun sanget sampun mampir dateng blog kulo. Sampun bosen-bosen njih... (ngapunten punawi mboten tepat, maklum wetanan Pasuruan)

ipul mengatakan...

dari 20 yang ada di atas, sy sudah pernah ke : bandeng Juwana, Kota Lama (off course lah, tempat favorit..), Tugu Muda, Lawang Sewu, Simpang Lima, Gombel, Masjid Agung, Kelenteng Sam Po Kong, Pasar Bunga dan pasar Johar..:)

btw, saya baru tahu klo di Semarang ada kebun binatang juga. kata istri saya gak ada..trus, museum Ronggo Warsito itu di mana ya mas..? kasih info dong sapa tauk nanti bisa jalan2 ke sana..keknya menarik tuh..

Suprih Rustanto mengatakan...

@edda: iya donk.. Indonesia I lope You Full :)
@Web Hidup Mulia: Matur suwun ugi sampun bertamu wonten blog'e kulo, mugi-mugi tansah dados seduluran.
@ipul: Mas Ipul, lain waktu saya akan menulis tentang tempat-tempat diatas secara detail, nah untuk sementara,mengenai Museum ronggo warsito, tempatnya persis di bundaran menuju Bandara Ahmad Yani Semarang.

bhayubajra mengatakan...

wah kang drh gombel kok gak diulas kan tempatnya hueenaak tur rumantiss..

Suprih Rustanto mengatakan...

@bhayubajra: wah iya mas belum sempet.. tapi lain waktu pasti akan saya sapu bersih deh,, tapi mas juga bisa menikmati yang makanan yang unik lho disemarang ini..

pemburuwidi mengatakan...

http://pemburuwidi.blogspot.com


Perihal : Pemberitahuan & Permohonan Atas Penipu Widi Hanggoro bin Mulyono
Sutambir



Dengan hormat,


Bersama ini kami sampaikan bahwa Penipu WIDI HANGGORO BIN MULYONO SUTAMBIR adalah buronan kepolisian Republik Indonesia, agar tidak jatuh korban yang lebih banyak lagi mohon kiranya Bapak/Ibu dapat menginformasikan hal ini kepada masyarakat diwilayah/lingkungan yang Bapak/Ibu.


Dari informasi yang kami ketahui, dapat kami sampaikan hal-hal sbb :

1. Buronan Penipu pernah menjadi penghuni Rutan Kedung Pane Semarang
2. Diperkirakan berada di wilayah Desa Lebosari, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, atau Perum Beringin Lestari, Kelurahan Gondoriyo,Kecamatan Ngaliyan Jawa Tengah
3. Istri Teguh Trihandayani dan anak Alfa Kurnia saat ini berdomisili di Desa Lebosari (Anak Alm Carik Dongko)
4. Teguh Trihandayani diketahui sering terlihat di Pasar Cepiring, Kecamatan Cepiring, Kab. Kendal.
5. Anak Alfa Kurnia diperkirakan bersekolah di SDN. Lebosari 1 atau SDN. Lebosari 2
6. Ayah Mulyono Sutambir & Ibu Retno Sasi tinggal di Perum Gondoriyo, Jl. Gondoriyo Blok E No. 10, Gondoriyo, Ngaliyan, Semarang – Jawa Tengah
7. Mulyono Sutambir adalah pensiunan PT. Indonesia Power (anak perusahaan PT. PLN (Persero)), pernah menjabat sbg SPV. SNR PT. Indonesia Power UBP Mrica Banjarnegara & Manager PT. Indonesia Power Jakarta
8. Beberapa informasi menyebutkan Widi Hanggoro terlihat di Cilacap/Banyumas
9. Informasi lain menyebutkan Widi Hanggoro telah menikah lagi dengan perempuan di Kab. Pemalang, Pekalongan, dan Tegal

TAMBAHAN INFORMASI :
Beberapa cara yang telah dilakukan oleh Widi Hanggoro yang kami ketahui (telah terbukti di pengadilan dan/atau yang sedang ditangani oleh pihak yang berwajib dan/atau kesaksian korban) adalah sbb :
1. Menawarkan proyek dengan cara memalsukan SPK dari PT. Indonesia Power, Dinas Pekerjaan Umum, atau institusi lainnya.
2. Menawarkan proyek yang benar didapat dari PT. Indonesia Power, Dinas Pekerjaan Umum, atau institusi lainnya tapi nilainya telah di mark up (halaman yang memuat nilai proyek beserta rinciannya dipalsukan).
3. Meminjam uang untuk suatu hal dengan jaminan sertifikat (ternyata sertifikat palsu).
4. Memnjam uang untuk suatu hal dengan jaminan mobil (ternyata mobil milik orang lain dan/atau mobil rental).
5. Menggunakan kenalan-kenalan di PT. Indonesia Power dan/atau nama Ayahnya (Mulyono Sutambir) yang adalah pensiunan Manager PT. Indonesia Power, sehingga membuat orang mempercayai semua kata-katanya sehingga bersedia meminjamkan uang/mobil atau benda-benda lainnya yang mudah dijual.
6. Berpura-pura menyewa atau meminjam mobil baik dari orang maupun rental untuk kemudian digadaikan/dijual/dijadikan barang agunan seperti point 3 diatas.
7. Mayoritas korban adalah tetangga tempat dia dulu tinggal yaitu :
Perum Pucang Gading,
Jl. Pucang Tama V no. 11 - 12
Mranggen
Demak

http://pemburuwidi.blogspot.com

Anonim mengatakan...

hei..baru sadar bahwa ini blog temen kampus pas baca profilnya :p

Ini Septiiii Komunikasi.dan FYI,bahan blog kamu ini aku jadiin bahan siaran bt content creative aku. :p

tenkyu berat supri.

mau dengerin?boleh.d SSFM yah.jam 1 mpe jam 4 sore.

Anonim mengatakan...

jadi ngliyat smg dari banyak sisi

Mengenai Saya