12/28/2009

Semarang Dikala Liburan

semarang liburLiburan natal telah usai, namun liburan tahun baru sudah menanti, wah Indonesia ini memang kaya sekali dengan hari libur. Kang supri merasakan sesuatu yang beda waktu liburan tiba, Semarang akan segera menjadi kota yang tertib, jalan-jalan raya akan tampak lengang, udara jadi terasa lebih bersih, suara deru kendaraan juga berkurang drastis, lihatlah di lampu sekitar lalulintas, anak-anak jalanan pun terlihat berkurang, mungkin mereka juga menerapkan tertib agenda hari libur kali ya.. yang jelas neh, jaringan internet yang kang supri pake jadi bertambah kecepatannya, tentu ini sangat menyenangkan, download antivirus jadi cepet, upload file hanya hitungan detik, lihat film di youtube juga gak putus-putus, pokoknya it's fun.

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan hari libur, sebuah kota pun secara abstrak, juga membutuhkan hari libur untuk membersihkan paru-parunya dari asap kendaraan yang selalu memenuhi udara kota, memanfaatkan kesunyian untuk menyediakan energi baru untuk membangun dirinya, memberikan kesempatan para warganya untuk menikmati hidup di suasana kota yang tertib.

Bila liburan tiba, kang supri sangat senang mengelilingi kota semarang, ditemani kamera mini, mengabadikan setiap kenangan yang terbesit diwaktu perjalanan. Jika jalanan tampak lebih sepi, tak demikian halnya dengan Mall dan foodcourt-foudcourt, Oh ternyata tulisan kang supri ini harus direvisi, orang-orang semarang banyak menghabiskan waktu untuk berbelanja dan makan-makan di mall.. hem mungkin ada benarnya apa yang dikatakan oleh Prie GS, bahwa sekarang ini menjamurnya fasilitas kota dan pusat perbelanjaan, akan menipiskan rasa kekeluargaan, karena waktu yang dahulunya digunakan untuk bersilahturahmi, saling mengunjungi dengan keluarga akan tergantikan dengan kunjungan ke Mall..

Apapun pilihan dan kegiatan para sedulur, liburan merupakan hari-hari yang dinantikan banyak orang, lihatlah anak-anak sekolah, atau ingatlah waktu kita masih sekolah, suasana riang gembira selalu terpancar diwajah kita apabila mendengar kata-kata LIBUR, secercah senyuman akan segera tersudut di lengkungan bibir kita, rencana dan harapan akan segera tersusun untuk sang 'liburan', kekuatan kata-kata ini ternyata bukan saja memberikan energi pada diri seseorang, bahkan sebuah kota juga akan mendapatkan ketentraman pada hari libur :)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Jalan Sepi mas yah kalau libur tetapi urusan Mall malah tambah rame heee

olahraga mengatakan...

yah memang selalu begitu mas,mau gimana...

gede_adhy mengatakan...

tapi kalau acara silaturahminya dipindahkan dengan ngumpul bareng di Mall tetap terasa kan, walau dengan suasana yg berbeda dan yang pasti bising

Suprih Rustanto mengatakan...

@bayuputrabio: Yup betul sekali, fenomena di abad modern.
@olahraga: sama ya dengan kota anda?
@gede_adhy: mungkin hal itu bisa saja dilakukan, namun kebersamaan ketika dirumah akan berbeda dengan di Mall, dari segi waktu, nyantainya, joke-joke nya, dll pasti sangat jauh berbeda

Mengenai Saya