3/19/2012

Curug Citro Arum


Curug Citro Arum, sebuah air terjun dengan ketinggian 100 meter, dinding batu yang dihiasi jernihnya air pegunungan nan sejuk, ditambah lagi pepohonan besar menjulang tinggi menambah exotisme curug alam ini.

Keberadaan curug Citro arum ini sudah lama kang supri ketahui, dahulunya dikenal dengan sebutan "curug lawe". salah satu Bude saya yang tinggal di daerah air terjun ini bercerita tentang asal usul desa Pakis, dan kaitannya dengan curug Citro arum.

Ketika hari minggu kemarin 17 Maret 2012, kang supri menyempatkan ke curug Citro arum ini, karena kata Bude saya, sebentar lagi curug ini akan di bangun dan dibuka sebagai obyek wisata, mungkin inilah kesempatan terakhir dimana air terjun di desa pakis ini masih dalam keadaan perawan.
air terjun Citro ArumHutan Citro arum yang masih alami

Kalau melihat keindahan air terjun ini, saya langsung teringat curug yang ada di kaliurang, dan kalau di bandingkan curug 7 bidadari, jelas kang supri lebih tertarik dengan curug Citro arum, karena curug ini adalah curug tertinggi di daerah kabupaten kendal, dan kolam yang terbentuk dibawahnya sangat menggoda mata untuk segera menceburkan diri dan berenang di dalamnya.

Kang supri yakin sekali jika curug Citro arum ini di bangun, akses jalan menuju kesana di perbaiki, dan fasilitas umum di sediakan, maka keberadaan air terjun ini akan segera menjadi Ikon baru bagi dunia pariwisata jawa tengah, dan lebih luas lagi yaitu di Indonesia.

Nama di balik air terjun ini menyimpan sekelumit kisah yang menarik untuk kita simak, Citro Arum dalam bahasa indonesia berarti Citra harum, namun Citro sendiri berasal dari sebuah nama seseorang, yaitu mbah Citro, seseorang yang dahulunya tinggal untuk pertama kalinya dan merintis Desa pakis, sedangkan arum di ambil dari nama sumber mata air terjun ini berasal yaitu "tuk wangi" karena di sumber air yang keluar dari tanah ini, berbau harum sehingga warga desa pakis dan kampung kedokan menamakan sumber mata air tersebut "tuk wangi".

inilah beberapa foto air terjun Citro arum yang kang supri ambil bersama pacar dan Bude Jumiyati sebagai pengelola pembangunan curug Citro arum ini.

curug Citro arumCurug Citro Arum dari kejauhan


Curug Citro ArumAir terjun Citro arum tampak dari depan


curug lawe
Air terjun Citro arum sangat dingin menyegarkan


Curug Citro ArumFoto berdua di depan air terjun Citro arum

Untuk menuju air terjun Citro arum ini, teman-teman harus mencari desa Pakis, Limbangan. Kalau dari terminal Sumowono Bandungan, ambil aja arah Boja, setelah jalan sekitar 5 km cari aja sebuah tugu di samping jalan raya bertuliskan Desa Pakis. nanya aja ama warga sekitar pasti di tunjukin arah jalannya, dan jangan khawatir dengan akses jalannya, karena bulan April 2012 ini, jalan beton akan di bangun agar kendaraan lebih mudah menjangkau air terjun nan indah ini.

Temen-temen cek blogku ini aja, karena di bulan Mei nanti Air terjun ini rencananya akan dibuka untuk umum dan akan ada upacara adat untuk meresmikan curug. Pasti akan menarik dan ramai, siapin kamera dan ajak temen-temen yang banyak supaya seru, dan jadilah orang yang pertama kali berfoto-foto, bercerita tentang curug Citro arum.

8 komentar:

Jeng Kelit mengatakan...

Tempatnya dimana tuh kang? kayaknya menarik tuh..

ICLA 2012 mengatakan...

Ikuti lomba blog yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Indonesia Car Lifestyle Award 2012.

Dapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah dengan total 10jt!

Pemenang I: Uang Tunai Rp. 5.000.000,-
Pemenang II: Uang Tunai Rp. 3.500.000,-
Pemenang III: Uang Tunai Rp. 1.500.000,-

visit: ICLA 2012 Blog Competition

griya klinik online mengatakan...

cantik bener tempatnya

sepatu outdoor mengatakan...

Jadi ingat kampung halaman di kaki Gunung Galunggung..

Unknown mengatakan...

Pedoman Memilih Rental Mobil Jogja

Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan saat memilih Rental Mobil Jogja. Tapi, yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah jumlah anggota rombongan yang akan menggunakan Rental Mobil Jogja tersebut. Jika anggota rombongan anda tidak lebih dari 6 orang, Toyota All New Avanza dapat menjadi pilihan Rental Mobil Jogja yang pas. Mobil tipe ini ukurannya memang tidak terlalu besar, tapi dapat menampung 6 penumpang dengan nyaman. Selain itu, harga Rental Mobil Jogja tipe ini relatif murah, sehingga anda dapat menghemat budget perjalanan anda. Jika anggota rombongan anda berjumlah 5 sampai 7 orang, dan anda berencana untuk pergi ke tempat-tempat yang relatif jauh, sebaiknya anda memilih Rental Mobil Jogja Toyota New Kijang Innova. Mobil tipe ini ukurannya cukup besar, dan dapat menampung sampai dengan 7 orang dengan sangat nyaman, karena ruangan kabinnya yang lega. Untuk rombongan dengan anggota lebih dari 7 orang, pilihan yang paling bijaksana adalah RRental Mobil Jogja Toyota HiAce. Mobil tipe ini dapat menampung sampai dengan 15 orang, dan merupakan salah satu tipe mobil favorit untuk perjalanan jarak jauh karena nyaman dan handal.

Jika anda membutuhkan Rental Mobil Jogja untuk acara yang spesial, seperti menjemput tamu VIP atau acara pernikahan, anda dapat menyewa All New Camry yang dapat menampung sampai dengan 5 orang penumpang, atau All New Alphard yang dapat menampung sampai dengan 7 orang penumpang. Mobil-mobil Rental Mobil Jogja tersebut masuk dalam kategori mobil mewah, dan tentunya memberikan kenyamanan yang maksimal.

Rental Mobil Jogja Jogjacar.com

Rental Mobil Network mengatakan...

Wah tempatnya menarik sekali kang seperti jasa rental mobil banjarmasin - sewa mobil Jogja - rental mobil pontianak.

situmorang mengatakan...

Artikel yang bagus kak, Terus Menulis ya kak
janagan lupa kunjungi Info kami..
SEWA HIACE JOGJA

sablon Kaos Yogyakarta mengatakan...

Sablon Kaos Jogja

Mengenai Saya