1/17/2010

Mengintip Kegiatan Imlek 2010 di Semarang

imlek 2010, pasar imlek semawisGara-gara siangnya gagal menyaksikan gerhana matahari, akhirnya kang supri bersama temen-temen maen ke Klenteng gang lombok, gak ada apa-apa sie, cuma jalan-jalan dan foto-foto disana, eh kebetulan ada engkong-engkong yang biasa ngramal sedang duduk di depan klenteng, wah akhirnya kita bisa ngobrol bebas dan nyantai.

Banyak hal yang beliau sampaikan, yang bikin kang supri terkagum-kagum adalah semangat beliau bercerita, di usia yang sudah lanjut namun dari suaranya tedengar bahwa ia penuh semangat. Akhirnya beliau sedikit memberikan informasi tentang penyambutan tahun baru cina atau Imlek 2010 di pasar semawis semarang.

Agak berbeda dari tahun lalu, Pasar Imlek Semawis 2010 jatuh pada tanggal 14 februari 2010, menandai datangnya tahun Harimau, perayaan tahun baru china ini akan dilaksanakan di lokasi baru yaitu di pasar Gang Baru, jalan Gang Warung dan lapangan Gang Lombok. Pasar Malam Gang Baru atau dikenal sebagai Pasar Malam Jie Kao Mee yang menjadi cikal bakal dirintisnya Pasar Imlek Semawis mulai tahun 2010 ini akan digarap lebih serius agar tradisi masyarakat Pecinan Semarang yang sudah berumur ratusan tahun itu bisa kembali meriah. kang supri pernah menulis tentang pasar semawis ini di hari-hari biasa.

Acara pasar imlek semawis 2010 akan mulai di gelar pada hari Rabu - Minggu, 10 - 14 Februari 2010, berbagai persiapan untuk mengisi acara pada hari tersebut diantaranya adalah:

  • PASAR MALAM JIE KAO MEE
Pasar malam ini akan menempati jalan Gang Warung, areal pasar Gang Baru dan mulai di buka mulai jam 16.oo hingga tengah malam.
  • WAYANG PO TAY HIE
Mengingat kesenian ini di Indonesia sudah langka maka wayang boneka khas dari Tiongkok ini akan kembali dimainkan, kesenan ini mirip dengan wayang golek di jawa barat. Nah khusus di Imlek tahu 2010 , wayang ini akan dimainkan menggunakan bahasa indonesia dan akan menyajikan cerita - cerita legenda tiongkok.
  • RALLY FOTO, PAMERAN SKETSA dan ARSITEKTUR PECINAN
Pameran foto-foto khas negeri tiongkok dan tokoh-tokoh pendiri pecinan semarang bisa ditemukan di Gedung Rasa Dharma di jalan Gang Pinggir.
  • PENTAS KESENIAN dan KONSER MUSIK
Nah ini yang paling meriah akan dilakasanakan pada puncak acara yaitu tanggal 14 feburari nanti. acara ini akan menempati di sepanjang lapangan Gang Lombok.
  • WISATA KULINER
lha ini yang paling ditunggu-tunggu, karena berbagai makanan khas semarang akan dijajakan disini, termasuk makanan-makanan khas semarang yang saat ini mulai langka seperti seperti wedang tahu dan pisang plenet.


Setelah beberapa waktu lamanya kami ngobrol. Beliau menuliskan nama kang supri dengan huruf china, (padahal kang supri gak mudeng juga cara bacanya) lucu dan seru juga, bisa jadi kenang-kenangan. Akhrinya kami meninggalkan tempat itu.
pasar imlek semawis semarang 2010
Oia sedikit pesan dari beliau, bawalah payung sebelum hujan, karena menurut beliau pada penyambutan tahun baru Imlek 2010 ini akan selalu turun hujan, meski panitia udah mempersiapkan tenda, tapi gak ada salahnya kita menuruti petuah dari orang tua, okey deh buat temen-temen ayo ajak saudara-saudar kita, sayang kalo melewatkan acara setahun sekali ini, itung-itung kita mencari pengalaman yang unik disemarang ini. gambang semarang mengucapkan selamat menyambut hari imlek deh buat saudara-saudara kita yang merayakannya. Semoga di tahun Harimau ini, kita selalu diberi berkah dan kesuksesan, Amin..

13 komentar:

ASdos mengatakan...

Mampir neng semarang, harusnya tanggal 14 feb ya? tapi kan hari valentine tuh.. ada ref tempat asik gak di semarang buat hari valentine..
salam kenal kang..

Suprih Rustanto mengatakan...

di hari-hari biasa juga rame kok, silahkan melihat hal-hal yang unik disemarang ini.

chandra mengatakan...

wah saya masih di semarang ga yaa tgl 14 feb,
cz udh libur.hehehehe

A arem mengatakan...

Imlek taon kemaren di semarang keren uey.. Untuk besok saya pasti liat lagee.. Sekalian ngrayain valentine dsana :)

galuh mengatakan...

Salam Kenal untuk anda. Matur nuwun sudah kersa pinarak di blog sederhana saya. Boleh saya ngangsu kawruh pada panjenengan?

Asep mengatakan...


Tapi sayangnya kalau imlek hujan terusya kang? jadi mau keluar males... hehehe
salam kenal dari asep kang..

ALRIS mengatakan...

Pasti bakalan rame nih acaranya. Sebelum datang imlek hujan terus nih, biasanya setelah imlek baru hujan agak reda. Salam
ALRIS

Suprih Rustanto mengatakan...

@chandra:Wah semoga masih bro. sayang kalo dilewatin..
@A arem: seep,.. ajak temen2 yak hehehe.
@galuh:Monggo silahken pinarak, sami-sami sesarengan ngangsu kawruh..
@Asep,@ALRIS:IYa, tapi jangan klhawatir, selama imlrk berlangsung, tenda-tenda selalu terapsang ko..

faiqun mengatakan...

Makasih infonya Mas Supri...
Ntar mo ngajak anak-anak jalan-jalan ke Pasar Imlek Semawis...

bayuratna mengatakan...

AKu ikut ya...

Prinz Tiyo mengatakan...

Plekenthuzan Gambang Semarang

Empat penari, nggak datang satu, jadinya tiga aduuuhh...yang satu mana...kok cuma tiga, satunya mana....

bersukaria gelak dan tawa, semua senang, ahaaayyy....

asik bernyanyi grax grix si tukang jangkrik..eh...gendang....Gambang Semarang, dilestarikan, diabadikan...mariiii....

yang satu datang, genaplah empat, mari berdendaaannnggg.... :)

troy mengatakan...

thks infonya om .... siap siap kesana wus wus .... :)

Suprih Rustanto mengatakan...

@faiqun, bayuratna, troy: sedia payung ya, abis diperkiraken ujan teruss.. semoga puas :)
@tiyo: weh nembang apa nembung hehehe??

Mengenai Saya